4C Dalam Menentukan Nilai Berlian!

Jika Anda mencari berlian yang sempurna, kemungkinan Anda sudah familiar dengan 4 C. Ini adalah empat faktor berlian yang dinilai dan termasuk potongan (CUT), kejernihan (CLARITY), warna (COLOUR), dan karat (CARAT). Salah satu karakteristik terpenting dari sebuah berlian adalah kejernihannya. Berlian dinilai berdasarkan skala yang berubah dari internal sempurna (IF), turun menjadi termasuk (I). Semakin tinggi kualitasnya, berlian akan tampak semakin jernih dan bersih. Berlian dengan tingkat kejernihan lebih rendah akan menampilkan lebih banyak inklusi.
Apa Itu Inklusi Berlian?

Inklusi berlian adalah karakteristik yang ditemukan di dalam berlian, yang muncul selama berbagai tahap penciptaan berlian. Berlian dibuat karena tekanan dan panas yang ekstrem, yang pasti akan menciptakan beberapa inklusi internal di semua berlian - baik di laboratorium maupun yang ditambang. Faktanya, berlian yang benar-benar sempurna hampir tidak mungkin ditemukan. Namun, jika Anda khawatir menemukan berlian yang akan terlihat jernih dan cerah, jangan khawatir. Banyak inklusi yang ditemukan pada berlian hanya dapat dilihat di bawah pembesaran.

Jenis Inklusi

Meskipun semua berlian memiliki inklusi, tidak semua inklusi harus diperlakukan sama. Penting untuk mengetahui apa yang harus dicari untuk memastikan Anda memilih berlian indah yang akan tetap indah di tahun-tahun mendatang. Ada tiga jenis inklusi berlian: inklusi pinpoint, inklusi bulu, dan rongga berlian. Yang pertama adalah jenis inklusi berlian yang paling umum. Jenis inklusi ini terlihat seperti titik kristal kecil dan biasanya sulit dilihat kecuali jika dilihat dengan pembesaran 10x. Kebanyakan dari pinpoint ini berwarna putih, tetapi Anda akan menemukan pinpoint berwarna hitam atau abu-abu. Selama titik-titik ini tidak terlihat dengan mata telanjang atau mengganggu kejernihan berlian, tidak ada yang perlu dikhawatirkan. Jika berlian memiliki lebih dari 3 titik inklusi, ini dapat diklasifikasikan sebagai 'awan' yang merupakan jenis inklusi lain dan lebih terlihat seperti noda kabur pada berlian.

Penyertaan paling umum kedua yang akan Anda temukan, adalah penyertaan bulu, dan ini tidak selalu ideal untuk dimiliki. Ini adalah retakan, retakan, atau retakan yang sebenarnya ada pada berlian, yang terlihat seperti bulu (sungguh, memang begitu!) Tapi, tergantung pada ukuran atau lokasi 'bulu' ini, ini bukan masalah besar atau masalah yang cukup besar. Sebagian besar 'bulu' ini berwarna putih / transparan dan sulit dilihat bahkan dengan pembesaran 10x. Jika lokasi 'bulu' ini benar-benar tertutup oleh berlian, retakan dan retakan ini tidak akan menjadi lebih besar dan dengan demikian menurunkan daya tahan berlian secara keseluruhan. Namun, ada 'bulu' yang terletak di atas berlian, atau di dalam berlian, dan bergoyang hingga ke permukaan. Ini adalah bulu yang tidak Anda inginkan. Jenis retakan atau retakan ini dapat tumbuh dan berkembang, merusak daya tahan berlian. Bicaralah dengan toko perhiasan Anda jika Anda khawatir tentang jenis inklusi ini pada berlian Anda.

Terakhir, kami memiliki rongga berlian. Kurang umum, tetapi hindari berlian apa pun dengan jenis penyertaan ini. Rongga adalah lubang kecil di berlian dan biasanya terbentuk saat bulu pecah selama proses pemolesan, menyebabkan lubang yang dalam di permukaan berlian.

Inklusi dan Harga
Seperti yang disebutkan sebelumnya, semakin tinggi kejernihan berlian, semakin mahal harganya. Jumlah inklusi yang ditemukan di berlian akan memengaruhi harga dan nilai batu. Penting untuk memahami karakteristik ini saat membeli berlian, untuk memastikan Anda mendapatkan berlian terbaik untuk jumlah yang Anda pilih untuk dibelanjakan. Berlian Clean Origin disertifikasi oleh beberapa lab penilaian terbaik sehingga Anda dapat yakin bahwa berlian Anda telah dievaluasi secara ahli. Dan ingat, tidak masalah jika Anda mencari berlian yang ditambang atau dibuat di lab, keduanya dinilai dengan karakteristik yang sama persis. Inklusi alami yang akan Anda temukan pada berlian yang ditambang sama dengan yang akan Anda temukan di berlian yang dibuat di lab. Satu-satunya perbedaan adalah bahwa berlian lab akan lebih murah hingga 40%, yang memungkinkan Anda memilih berlian dengan kejernihan yang lebih baik!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *